Sabtu, 27 Oktober 2007

Tips Milih Notebook alias Laptop

"Kita kembali ke laptop!!"Omongan ini sekarang dah makin populer seiring naiknya rating acara Empat Mata yang dibawakan Tukul. Sambil membawa komputer laptop alias notebook dalam tiap acaranya, penonton juga makin akrab dengan perangkat IT tersebut.Tak heran kalau misalnya orang juga mulai banyak yang melirik ke laptop. Maklum, dari sisi harga, laptop mulai bisa diperoleh dengan harga lebih murah ketimbang beberapa tahun lalu. Tapi hati-hati, jangan salah pilih. Jangan sampai tergiur harga murah tapi kualitas laptopnya jeblok. Harga mahal ternyata juga ga berpengaruh. Bisa-bisa isinya laptop mahal tersebut sama jeleknya dengan merek murahan.Jangan sampai kita merasakan masalah seperti berikut........"Temen gw pake laptop juga, belum setengah tahun, keyboardnya sudah mati total...""Dah lebih setahun ini pake laptop, tapi ya gitu masalahnya buanyak banget. Engsel cpt retak, port VGA yg gak bisa nyambung dengan imager ampe bluetooth yg gak jelas...""service centre produsen laptop rata2 cuma tutup mata doang waktu benerin laptop, payah..."Mengerikan ya ?

Nah, buat Dezoner yang mulai berniat membeli laptop, atau mungkin besok hari bakal ke toko komputer untuk mengambil laptop terbaru, silakan disimak tips-tips berikut.

Kesalahan yang paling banyak terjadi pada orang2 mau beli laptop = menyamakan parameter beli laptop dengan beli PC alias komputer desktop. Maksudnya mereka cuma melihat dari spesifikasi doang. Itu sebabnya ada merek yang bisa laku karena menjual laptop berspesifikasi tinggi dengan harga miring....padahal belakangan konsumen merek ini banyak yang mengeluh dengan kualitasnya.Di PC, semakin mahal, biasanya speknya semakin tinggi. Tapi untuk laptop, ga selalu semakin tinggi speknya berarti semakin bagus. Jadi jangan heran, ada laptop yang speknya lebih rendah, tapi harganya lebih mahal * Fungsi utama laptop adalah untuk mobilitas. Jadi yang lebih penting diperhatikan adalah faktor mobilitas dan daya tahannya, baru spek. Dan itu tentu aja nggak lepas dari kualitas bahan yang digunakan dan kualitas kontrolnya.Bukan berarti kita nggak boleh milih laptop dengan spek setinggi2nya, tapi sebaiknya jangan terpaku pada spek aja, seperti kalo kita mo beli PC. Percuma kan punya laptop dengan spek tertinggi tapi sering rusak?Kalo sebuah laptop punya spek tinggi tapi harga lebih murah daripada laptop lain yang punya spek hampir sama, udah bisa dipastikan kualitas pembuatannya yang dikurangi, supaya harganya jadi gak terlalu tinggi dan bisa bersaing dengan merk lain, juga sebaliknya. Yang bagus sih beli antara spek dan kualitas berimbang.

Boleh dipercaya, boleh tidak ya.
* Kalau Acer, sekali rusak biasanya akan menular ke bagian lainnya. Kalau Axxio dan Enote, seringkali hard drive bay nya nggak presisi, jadi sering bagian bawahnya lebih menonjol.
* Yang pasti power laptop tidak bisa sebagus PC. Untuk design grafis, cari processor yang paling powerfull, memory minimum 1 GB, VGA yang bisa colornya di tuning.
* Masalah dengan laptop berbasis AMD, notebooknya lemot sekali. Jangankan untuk pemakaian grafis, buka word aja lemot.* Dari pengalaman mereka-mereka di service notebook, merek yang sering merembet kerusakannya ke bagian lain adalah Sony, ECS, Acer dan Benq.
* Misalkan mau cari Toshiba, type apapun oke selama laptopnya jarang di pindah-pindahin. Tapi jika anda orang sibuk, harus sering bekerja dengan notebook secara berpindah-pindah, disarankan cari Toshiba type Tecra dengan OS bawaannya XP Pro karena barangnya lebih kuat.
* Saran juga, kalau pakai notebook, jangan di atas tempat tidur atau sofa, kalau nggak ingin LCD controler dan grafis controlernya bermasalah.Semoga bermanfaat

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Placa de VĂ­deo, I hope you enjoy. The address is http://placa-de-video.blogspot.com. A hug.