Sabtu, 27 Oktober 2007

Ada Kartu Backup Otomatis untuk Laptop

Komputer jinjing (laptop) bagi kalangan pebisnis dan profesional sekarang sudah menjadi perlengkapan kerja standar. Bahkan, menurut satu penelitian, 60-70 persen data perusahaan tersimpan dalam mobile workstation dan komputer jinjing. Padahal perlengkapan kantor bergerak itu biasanya tak menjadi bagian dari solusi backup rutin perusahaan.

Berpegang pada realitas itu, Rover Technology Fusion, perusahaan penyedia solusi teknologi yang berkantor pusat di Tampa, Florida, Amerika Serikat, meluncurkan Rover SPARC (secure personal automatic replication card). Peranti keras berwujud kartu flash USB seukuran kartu kredit ini merupakan solusi backup data portabel, yang dirancang khusus untuk bekerja dengan peranti lunak IBM Tivoli Continuous Data Protection for Files yang terdapat di dalamnya.

Rover SPARC yang memiliki kapasitas simpan 2 gigabita ini dapat mem-back up secara otomatis file elektronik, termasuk dokumen Office dan surat elektronik. "Rover SPARC menyimpan banyak versi file secara real-time, otomatis, dan transparan, menghilangkan jendela backup," ujar Simon Morgan, general manager perusahaan itu.

Begitu kartu ini ditancapkan ke port USB sebuah komputer, program IBM Tivoli Continuous Data Protection for File akan terinstal dengan sendirinya. Selanjutnya program itu mengkonfigurasi dirinya untuk mengirimkan salinan data paling berharga milik pengguna ke dalam kartu. Ia juga mem-back up file itu ke lokasi sekunder di hard disk komputer jinjing tersebut dan kartu Rover SPARC.

Apabila terjadi kehilangan sebuah file atau file mengalami korupsi (rusak) atau terhapus secara tak sengaja, itu bisa dipulihkan dari dua lokasi backup tersebut. Kalaupun pengguna lupa menancapkan kartu Rover SPARC dan telah terjadi pemutakhiran pada file di komputer jinjing, peranti ini akan menyimpan seluruh perubahan itu dan akan mengirimkannya ke kartu jika sudah ditancapkan.

Menurut Chris Stakutis, Chief Technology Officer IBM Tivoli CDP, "Rover SPARC ini merupakan sebuah terobosan solusi perlindungan data untuk pengguna laptop dan karyawan mobile karena keunikan dalam rancangan yang kompak dan kemampuan mem-back up secara otomatis.Selain kenyamanannya bila dibandingkan dengan backup disk tradisional, Rover SPARC bisa mem-back up e-mail dari banyak program e-mail populer, termasuk Microsoft Outlook. Juga adanya program Rover Sync yang bisa menyimpan ulang daftar kontak dari peranti bergerak berbasis Windows yang hilang atau dicuri.

Rover SPARC bisa dibeli di situs Rover (www.RoverSPARC.com) dan saluran distributor besar sejak awal bulan ini dengan harga US$ 99,95 (Rp 900 ribu) untuk kapasitas 2 gigabita. Setelah tahun pertama, pembeli dikenai biaya perawatan tahunan untuk lisensi program, upgrade, dan dukungan pascajual. Rover juga menjanjikan ketersediaan kartu dengan kapasitas yang lebih besar.

Tidak ada komentar: